+62 370 641134
ppid@mataramkota.go.id
Jawaban Eksekutif Terhadap Rancangan APBD Perubahan TA 2022
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 24 Sept 2022

 

Walikota Mataram H Mohan Roliskana menyampaikan Jawaban Eksekutif Atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi Dewan Kota Mataram Terhadap Nota Keuangan Dan Rancangan APBD Perubahan Kota Mataram Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna DPRD Kota Mataram, Sabtu (24/09/2022).

Dalam penyampaiannya pengantar Nota Keuangan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 tersebut telah disusun dengan melakukan penyesuaian terhadap program/kegiatan dengan memperhatikan kewajiban yang diamanatkan oleh pemerintah atasan serta kebutuhan-kebutuhan yang mengikat dan mendesak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

 

Kemudian, dalam pemandangan umum Fraksi-fraksi Dewan terdapat saran-saran, harapan maupun pertanyaan sebagai bentuk kesamaan pandangan pihak legislatif terhadap program dan kegiatan yang kami ajukan. Di samping itu, juga terdapat kesamaan pendapat dalam upaya peningkatan perencanaan program/ kegiatan yang efektif, efisien, dan ekonomis, yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Salah satu tanggapan yang disampaikan kepada fraksi Partai Gerindra terkait dengan program-program pembangunan dalam upaya peningkatan pendapatan dan daya beli masyarakat di tengah terjadinya inflasi.

“dapat kami jelaskan bahwa kami terus berupaya mendorong peningkatan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan terhadap pelaku UMKM terutama dalam mendorong peningkatan penetrasi pangsa pasar produk UMKM melalui aplikasi Mataram Mart.” Ungkap Walikota Mataram.

 

Selain itu, telah dilakukan pelatihan-pelatihan kerja berdasarkan kluster kompetensi dalam upaya peningkatan produktivitas dan pendapatan tenaga kerja. Di samping itu, terus diupayakan meredam dampak kenaikan harga agar daya beli masyarakat tetap terjaga melalui pelaksanaan pasar rakyat, pelaksanaan high level meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Serta dilakukan penguatan inovasi-inovasi daerah dalam pengendalian inflasi terutama penguatan kampung tanggap inflasi yang telah dicanangkan. Atas upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian inflasi Pemerintah Kota Mataram berhasil mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai Kota Terbaik dalam Pengendalian Inflasi pada Wilayah Indonesia Bagian Timur. * (TK-Diskominfo)