+62 370 641134
ppid@mataramkota.go.id
Kota Mataram Launching resmi Smart City
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 31 Agt 2017

 

Ada yang menarik perhatian dari perayaan HUT Kota Mataram  tahun ini yang dilaksanakan di lapangan Sangkareang pada tanggal 31 Agustus 2017, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, bersama Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dan Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi beserta jajaran pejabat teras lainnya bertepatan dengan perayaan HUT Kota Mataram ke  24 tahun ini Pemerintah Kota Mataram secara resmi melaunching aplikasi  "Smart City" .

Wali kota mengatakan, aplikasi Mataram "Smart city" merupakan program berkelanjutan dan akan diproyeksikan melalui sistem pengelolaan keuangan dan perencanaan, sistem monitoring, sistem pengelolaan SDM (e-SDM) dan sistem pengelolaan administrasi (e-office).

Sistem e-office ini,akan meliputi penerapan e-PATEN, aplikasi LAPOR, perizinan "online" (e-MOLAH), SMS "gateway", "call center" 112, dan Mataramku Lapor.  aplikasi "smart city" mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan berbasis daring (dalam jaringan) atau "online" di kota ini

"Semua aplikasi itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memungkinkan masyarakat berinteraksi langsung dengan perangkat daerah,sesuai dengan Visi Misi Kota Mataram" katanya.

Sehingga, masyarakat dengan mudah menyampaikan pengaduan terhadap kondisi dan pembangunan kota kepada pemerintah untuk dapat segera ditindaklanjuti contoh keluhan tentang banjir, kebersihan, pelayanan kesehatan, PJU dll.

Untuk bisa memanfaatkan aplikasi "smart city" masyarakat terlebih dahulu mengunduh aplikasi "Mataramku Lapor" dengan memasukkan identitas lengkap.

Hal itu bertujuan agar informasi yang diterima oleh petugas riil adanya, dan tidak dianggap main-main atau hanya menyebar berita hoax.

Melalui aplikasi ini,  keluhan masyarakat dan penyelesaian oleh organisasi perangkat daerah (OPD) bersangkutan," katanya.