+62 370 641134
Pengajuan Raperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Mataram Tahun 2016-2021
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 22 Jul 2021

 

Pengajuan Raperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Mataram Tahun 2016-2021

Mataram- Wakil Wali Kota Mataram TGH. Mujiburrahman didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kota Mataram, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram yang terhubung dengan Ruang Sidang Rapat Paripurna DPRD Kota Mataram, secara virtual, Kamis (22/07/2021).

Hadir pada acara tersebut, anggota Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda) Kota Mataram, anggota DPRD Kota Mataram, serta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Mataram menyampaikan berdasarkan peraturan Mendagri nomor 86 tahun 2017, Bahwa RPJMD merupakan Penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan Daerah dan Keuangan Daerah, serta program Perangkat Daerah dan lintas pendanaan bersifat indukatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW, dan RPJMN. Sehingga untuk itulah RPJMD Kota Mataram tahun 2021-2026 disusun melalui serangkaian tahapan dan pendekatan untuk menjaring tanggapan, masukan dan kritis dari berbagai pemangku kepentingan pembangunan dalam rangka sergitas harmonisasi, keselarasan, transparansi, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipasif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Penjabaran visi, misi dan program Kepala Daerah yang Memuat tujuan, sasaran, stretegi, arah kebijakan secara singkat dan dijabarkan dalam visi 5 tahun kedepan
"Menuju Mataram Yang HARUM: Harmoni, Aman, Ramah, Unggul, Mandiri"

Harmoni adalah menjadi Kita dengan pluralisme yang tinggi, mengayomi semua agama, memberi kebebasan beragama sesuai dengan Kepercayaan dan keyakinan serta menjaga masyarakat heterogen yang berasal dari beragam suku, agama, ras, dan golongan.

Aman, menjadikan mataram sebagai kota yang aman dan nyaman bagi seluruh golongan, suku dan agama.

Ramah, menjadikan kota mataram yang melayani warga melalui birokrasi yang profesional dan modern.

Ungguh, memacu peningkatan sumber daya manusia, membekali pendidikan karakter yang baik, pemerataan kualitas pendidikan di semua sekolah, dan memberi ruang kepada anak-anak berprestasi untuk meningkatkan kemampuan disegala bidang

Mandiri, meningkatkan kapasitas dan skill warga, memacu hadirnya ruang-ruang ekonomi kreatif, mendukung sektor pengembangan usaha Mikro, kecil, dan Menengah.

Visi Kota Mataram Tahub 2021-2026 tersebut selaras dan sinkron dengan keadaan yang ingin dicapai Kota Mataram tahun 2025 sebagai amanat peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 8 tahub 2008 tentang RPJMD  Kota Mataram tahun 2005-2025 yang menjabarkan visi Kota Mataram tahun 2005-2025 " Terwujudnya Kota Mataram Yang Religius, Maju dan Berbudaya Sebagai Pusat Pemerintah, Perdagangan dan Jasa tahun 2025"

Kemudian telah tersusun 6 Tujuan dengan 8 indikator dan 10 Sasaran dengan 18 indikator yang menunjukan tingkat prioritas tertinggi dalam perencanaan pembangunan jangka menengah daerah yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan arsitektur kinerja pembangunan daerah secara keseluruhan yaitu arah kebijakan, strategi dan program pembangunan selama 5 tahun.

Keberhasilan pencapaian RPJMD Kota Mataram 2021-2026 akan dilakukan secara bertahap melalui target capaian pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) dan melalui upaya yang sungguh-sungguh dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas yang akumulasinya adalah "Terwujudnya Mataram yang Harum". (*)