+62 370 641134
Penyerahan Stimulan Pendamping Ekonomi Wilayah Terdampak Bencana Kota Mataram Provinsi NTB.
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 17 Sept 2021

 

Penyerahan Stimulan Pendamping Ekonomi Wilayah Terdampak Bencana Kota Mataram Provinsi NTB.

Mataram- Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos., MH., dan Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman menghadiri acara Penyerahan Stimulan Pendamping Ekonomi Wilayah Terdampak Bencana Kota Mataram Provinsi NTB bertempat di Pendopo Wali Kota Mataram, Rabu (17/09/2021). Dihadiri oleh perwakilan BNPB Provinsi NTB, Ketua LPPM UNRAM, Asisten Setda Kota Mataram, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Mataram, dan Kelompok UMKM Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyampaikan pendampingan yang dilakukan oleh LPPM Universitas Mataram dan BPBD NTB harus optimal agar para pelaku usaha dapat bangkit dan meningkatkan kapasitas produksi pada sektor usaha yang digeluti.

Walikota Mataram H. Mohan Roliskana berharap untuk saling memotivasi dan membangun harapan agar kedepannya dapat membangun skenario manajemen untuk ekonomi produktif yang ada di Kota Mataram.

"Untuk menaikkan ekonomi Kota Mataram perlu stimulan dan saling mendukung agar masyarakat yang terdampak bisa bangkit menghadapi kondisi pasca bencana sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat" ungkapnya.

Sementara itu, dari perwakilan BNPB Provinsi NTB menyampaikan pemulihan pasca bencana dalam UU mencakup seluruh kegiatan masyarakat baik fisik maupun non fisik. BNPB merangkum ada lima pemulihan yaitu pemulihan perumahan, sektor sosial, sektor ekonomi, dan lintas sektor. BNPB untuk merealisasikan bekerja sama dengan Universitas Mataram dan BPBD Mataram dalam pendampingan ekonomi kelompok UMKM pasca bencana.

Pendampingan ekonomi terhadap 10 kelompok UMKM bersifat stimulus berlangsung selama 2 tahun sejak tahun 2019, pada tahun ke-3 diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kota Mataram. Kelompok UMKM akan berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM dalam pemulihan perekonomian pasca bencana.(*)