+62 370 641134
Mataram Pearl Festival
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 17 Nov 2021

 

Mataram Pearl Festival

Banyak hal yang dapat diambil sebagai hikmah dari masa pandemi ini. Pandemi Covid-19 di satu sisi tidak pelak telah menguji ketahanan kondisi, ketahanan ekonomi, solidaritas dan yang terpenting adalah menguji semangat untuk lebih inovatif dan lebih kreatif. Inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang sangat penting untuk suatu usaha dapat bertahan pada masa pandemi. Hal ini disampaikan oleh Walikota Mataram H. Mohan Roliskana saat membuka Mataram Pearl Festival yang pertama, bertempat di Mataram Craft Center (MCC) Pagesangan, Kota Mataram, Rabu (17/18/2021).

Lebih jauh Walikota Mataram berpesan kepada seluruh pelaku usaha mutiara untuk tetap terus melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yang melibatkan partisipasi pengrajin dari luar.  Hal ini akan melengkapi penjualan secara online atau transaksi digital yang semakin marak belakangan ini.

 

Sementara itu Ketua Asosiasi Pearl NTB mengatakan bahwa pasca gempa 2018 hampir seluruh pengusaha mutiara mengalami penurunan omset, terlebih kemudian ditambah lagi selama pandemic Covid-19 hampir tidak ada kunjungan wisatawan sama sekali.

 

Para pelaku usaha kemudian mulai menerapkan penjualan melalui sistem online serta menjemput secara langsung buyer-buyer yang ada di luar sebagai bentuk ikhtiar. Event WSBK 2021 ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan pengerajin Mutiara Kota Mataram. Pelaksanaan Pestival Pearl bertujuan untuk menunjukkan pada khalayak bahwa mutiara di Lombok sangat cantik dan indah yang perlu di miliki oleh warga masyarakat khususnya pengunjung yang datang ke Lombok.  

 

Kegiatan festival  ini diikuti oleh 12 pelaku usaha yang berasal dari Jakarta, Denpasar, Makasar dan beberapa daerah lain di Indonesia. Dalam acara ini di adakan juga lelang mutiara untuk pertama kalinya di Kota Mataram.

 

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburrahman, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana, Ketua GOW Kota Mataram Hj. Waridah Mujiburrahman, Asisten 1 Setda Kota Mataram Lalu. Martawang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H. Nizar Denny Cahyadi, Camat Sekarbela atau Pejabat yang mewakili dan Para Pelaku Pengerajin Mutiara. (TK-Diskominfo)