+62 370 641134
Apel Kesiapan Tanggap Bencana
Author : Admin
Views : 1
Tanggal : 25 Nov 2021

 

 Apel Kesiapan Tanggap Bencana

 

Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Forkopimda dan unsur terkait mengikuti Apel Kesiapan Tanggap Bencana bertempat di Lapangan Sangkareang Kota Mataram pada hari Kamis (25/11/2021). Sebagai Pembina Apel, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menegaskan bahwa apel ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel untuk penanganan bencana alam. Kesiapsiagaan bencana alam harus diperhatikan oleh semua pihak mengingat letak geografis Indonesia yang berada diantara dua samudra dan terletak dilempeng tektonik membuat Indonesia rawan terkena gempa bumi yang dapat menimbulkan tsunami dan bencana lainnya.

 

Selain itu, musim penghujan telah tiba, dengan meningkatnya intensitas curah hujan hingga cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah NTB menyebabkan beberapa wilayah rawan mengalami bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lainnya. Oleh karena itu kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan benar untuk menyiapkan materiil dan personel yang dapat sesegera mungkin digerakkan bila di suatu saat terjadi bencana alam.

 

Lebih lanjut, Danrem 162/Wira Bhakti mengingatkan bahwa Undang-Undang No.34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia menjelaskan salah satu tugas pokok TNI selain perang, operasi militer diantaranya adalah membantu penanggulangan bencana alam baik pada tahap tanggap bencana, rehabilitasi maupun rekontruksi.

 

"Beberapa waktu yang lalu di wilayah NTB pernah dilanda bencana alam yang hebat yaitu gempa bumi yang berkekuatan 7 skala richter (SR) dan dampak dari kejadian tersebut tidak hanya banyak memakan korban baik jiwa maupun harta benda dan lain sebagainya yang tidak kurang banyak jumlahnya." ujar Rizal

 

Diakhir sambutannya Rizal berharap seluruh Prajurit TNI/Polri, Basarnas dan BPBD siap untuk membantu dalam pelaksanaan tugas ini dengan penuh semangat.

 

 

Hadir pada apel tersebut Sekda Provinsi NTB, Wakil Kapolda NTB, Danlanal, Danlanud, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Kepala Basarnas NTB, Kepala Dinas Sosial NTB, Kasat Pol PP Kota Mataram, Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram dan Peserta Apel Lainnya. (TK-Diskominfo).