+62 370 641134
ppid@mataramkota.go.id
Data Menara Telekomunikasi di Wilayah Kelurahan Kebun Sari
Tanggal Posting : 01 Nov 2018
Kode DIP : 784
Nama DIP : Data Menara Telekomunikasi di Wilayah Kelurahan Kebun Sari
OPD Penanggung Jawab : Kelurahan Kebun Sari
Penanggung Jawab : sekertaris
Jenis Informasi : Informasi Berkala
Bentuk Informasi : Informasi Teks
Kategori Informasi : Informasi Laporan Kinerja
Jumlah Download : 2 download
Deskripsi :

Kebanyakan masyarakat awam dan yang belum mendapatkan informasi tentang keberadaan BTS, katanya, memang cenderung beranggapan bahwa BTS berbahaya. Padahal kalaupun ada radiasi, tambahnya, sangat kecil sekali untuk mampu mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

“Masih jauh di bawah ambang normal. Sekarang kan tinggal pihak operator dan pembangun aja bagaimana menjelaskannya ke masyarakat sekitar tempat pembangunan BTS,” paparnya. Benarkah tinggal di dekat tempat berdirinya BTS itu berbahaya?

Kita tidak dapat menyalahkan masyarakat yang salah kaprah dalam menyikapi tower telekomunikasi, karena memang mereka tidak mengetahui dan tidak mendapatkan informasi yang benar tentang apa dan bagaimana tower serta akibat yang dapat ditimbulkan oleh tower tersebut.

Lalu apakah beralasan jika alasan keberatan yang mereka sampaikan adalah kekhawatiran terganggunya kesehatan mereka?

Batas Radiasi Elektromagnetik

Level batas radiasi elektromagnetik yang diperbolehkan menurut standar WHO (World Health Organization) adalah 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.Level maksimum yang dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 6 watt/m2 untuk frekuensi 900 MHz dan 12 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.

Berdasarkan pengukuran di lapangan, pada jarak sekitar satu meter dari jalur pita pancar utama menara BTS yang berfrekuensi 1.800 MHz, diketahui bahwa total radiasi yang dihasilkan sebesar 9,5 watt/m2. Jika tinggi pemancarnya sekitar 12 meter, maka orang yang berada di bawahnya terkena radiasi sebesar 0,55 watt/m2.



Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul BTS Berikan Banyak Manfaat, Bahayanya Bagi Kesehatan Apa?, http://medan.tribunnews.com/2014/07/03/bts-berikan-banyak-manfaat-bahayanya-bagi-kesehatan-apa.
 

Download : Download